Sunday, March 4, 2018

Pertumbuhan Ekonomi Meningkat di Berbagai Sektor

Pengamat Ekonomi Universitas Lampung Asrian Hendi Caya 


Berdasarkan analisis dan proyeksi pertumbuhan ekonomi Lampung dalam tiga tahun terakhir, provinsi yang berada pintu gerbang Sumatera ini terus meningkat di berbagai sektor.

Pengamat Ekonomi Universitas Lampung Asrian Hendi Caya mengatakan  pertumbuhan ekonomi Lampung dalam tiga tahun  terakhir sangat baik bahkan di atas Sumatera dan nasional.

 Hal ini mengindikasikan bahwa aktifitas ekonomi di Lampung cukup dinamis yang dapat dilihat dari meningkatnya jumlah penerbangan, perbaikan jalan, dan pembangunan hotel yang tidak terlepas dari lancarnya transportasi udara,  laut,  dan darat.

" Potensi sumber daya alam Lampung memang besar.  Terutama basisnya di sektor pertanian. Pertanian adalah penyumbang terbesar perekonomian Lampung, "kata dia.

Kedepan,  lanjutnya,  dengan adanya pembangun infrastruktur seperti jalan pelabuhan/bandara, irigasi,  maka  pertumbuhn ekonomi Lampung akan semakin baik.

 Dijelaskannya,  tantangan terbesar peningkatan ekonomi yakni hilirisasi hasil - hasil pertanian.  Lampung harus semakin memperkuat dan memperbanyak bertumbuhnya industri pengolahan yang berbasis hasil pertanian.

 "Memang saat ini Indonesia kendalnya adalah terbatasnya listrik,  tapi kedepan,  listrik akan semakin tersedia di Lampung dengan memanfaatkan energi baru terbarukan seperti adanya panas bumi,  penambahan Gardu Induk,  dan pemanfaatan energi lainnya sehingga peluang usaha akan semkin terbuka dan investor akan merasa nyaman menanamkan modalnya di Lampung, "imbuhnya.

Menurutnya,  akses transportasi juga menjadi andil guna mendorong tumbuhnya Perindustrian Lampung. Sebab akan menjadi akses menuju berbagai kawasan industri   seperti Kawasan Industri Maritim yang ada di Tanggamus dan beberapa zona industri lainnya.

"Dengan adanya akses yang makin baik jg berkembang pesat ditambah gelaran even skala lokal  nasional hingga internasional tentunya akan semakin  memeriahkan Lampung dan menjadi daya pikat para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Lampung, "paparnya.

Sementara untuk ekspor saat ini belum bisa menjadi fokus dalam peningkatan perekonomian Lampung ,  namun peluang tersebut terbuka melalu banyak pembenahan sehingga dapat memicu pertumbuhan lebih cepat.

" Justru mungkn penurunan impor yang harus dipacu agar dapat dihasilkan sendiri di dalam negeri. Selain mengurangi beban ekonomi,  juga dapat mendorong pembukaan lapangan kerja dan penyerapan bahan baku lokal yang akan menguntungkan masyarakat lokal,"tuturnya.

0 komentar:

Post a Comment