Sunday, March 11, 2018

Gas Bumi Siap Dinikmati Masyarakat Bandar Lampung



Proyek pembangunan jaringan gas bumi (Jargas) di kota Bandar Lampung telah selesai dilaksanakan . Dalam waktu dekat masyarakat Bandar Lampung bisa menikmati sejumlah manfaat dari penggunaan gas bumi di antaranya yaitu mudah dan hemat saat melakukan aktivitas memasak dan bahkan berbagai.

Kepala Dinas ESDM Lampung prihartono G Zain mengatakan sambungan jaringan gas bumi ini telah terpasang di delapan kecamatan se kota Bandar Lampung diantaranya Tanjung Karang Pusat , Tanjungkarang barat,  Sukarame, Way Halim ,Teluk Betung Utara,  Tanjung Senang , Labuhan Ratu,  dan Kedaton.

"Jargas di kota Bandar Lampung ini merupakan penugasan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Direktorat Jenderal minyak dan gas bumi kepada PT Perusahaan Gas Negara Persero Tbk,"kata dia kepada Lampung Post beberapa waktu lalu.

Penugasan yang diberikan pada 2017 ini mewajibkan PGN untuk membangun sekaligus mengoperasikan jargas sebanyak 10321 sambungan rumah dengan menggunakan dan APBN agar dapat dinikmati oleh warga secara gratis.

Prihatono mengatakan dengan mengalirnya gas bumi PGN ke sejumlah kecamatan di Bandar Lampung ini masyarakat dapat menikmati sejumlah manfaat dari sisi kemudahan dengan hadirnya gas bumi masyarakat tidak perlu khawatir akan kehabisan bahan bakar ketika sedang memasak karena gas bumi selalu siap mengalir melalui pipa yang tertanam di bawah tanah sampai ke rumah masyarakat dengan aman.

"Manfaat lain adalah harga yang lebih murah warga bisa berhemat karena tidak perlu membayar lebih mahal untuk pemakaian gas bumi tersebut,"kata dia.

Prihantoro menjelaskan pemerintah melalui badan pengatur Hilir Migas BPH Migas telah menetapkan harga jual gas bumi untuk wilayah Kota Bandar Lampung melalui peraturan BPH Migas nomor 6 tahun 2018 tentang Harga Jual Gas Bumi Melalui Pipa untuk Konsumen Rumah Tangga pada Jaringan Pipa distribusi Kota Bandar Lampung.

"Harga yang ditetapkan sebesar Rp4750 per m3 untuk golongan tarif RT 1 dan Rp6200 per m3 untuk golongan RT 2 . Saat ini yang sudah terpasang masuk dalam kategori RT1,"ungkapnya.

Tentunya keberadaan gas bumi akan memberikan kemudahan kepada masyarakat dan menekan angka pengeluaran rumah tangga.

Menurutnya, harga yang telah ditetapkan masih di bawah harga jual elpiji subsidi 3 kg yang saat ini harganya berkisar antara Rp18 ribu hingga Rp20 ribu per tabung.

Priyantono juga menyampaikan bahwa penyaluran gas bumi melalui pipa dinilai lebih aman bagi masyarakat terutama ibu-ibu yang sehari-hari memasak

"Kami berharap kepada PGN untuk memberikan sosialisasi tambahan kepada masyarakat pengguna gas bumi terkait pola pengoperasian tata cara pembayaran serta lokasi membayar hingga sistem keamanan yang diberikan oleh PGN,"ungkapnya.

Sales area head PGN Lampung Wendy Purwanto mengatakan PGN selalu siap mengemban tugas yang diamanatkan oleh pemerintah termasuk Pengelolaan zat gas Kota Bandar Lampung ini PGN senantiasa mendapatkan faktor safety pelayanan prima serta kepastian kontinunitas penyediaan bahan bakar gas bumi tersebut demikian cara penyaluran kepada masyarakat menyinggung soal pembayaran masyarakat dapat melakukan pembayaran di ATM Bank Mandiri BRI BCA BTN serta PPOB setempat juga Indomaret dan Alfamart

"Jadi bagi masyarakat yang belum memiliki ATM bisa langsung melakukan pembayaran ke saya tunai ke ke tunai ke ke Alfamart atau Indomaret karena kami sudah melakukan kerjasama kepada kedua perusahaan waralaba itu, tentunya ini demi memudahkan masyarakat melakukan transaksi pembayaran,"paparnya.

Terkait peresmian, pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat . (AJI)

0 komentar:

Post a Comment