Friday, March 9, 2018

BEI Lampung Capai Target Investor Pada 2017

BURSA Efek Indonesia (BEI) Lampung terus mendorong masyarakat untuk menginvestasikan uangnya ke dalam pasar modal. Kepala BEI Lampung Hendi Prayogi mengatakan pihak terus turun ke semua kalangan bahkan daerah pelosok kabupaten untuk memberikan pengetahuan secara mendalam kepada masyarakat tentang pasar modal baik syariah maupun konvensional.

Target penambahan investor pada tahun 2017 sebanyak 1200 lebih dan realisasi pencapaian tahun 2017 mencapai 1400 investor.

"Target kami tercapai 120 persen untuk  penambahan investor,"kata dia.

Berbagai upaya yang dilakukan diantaranya BEI begitu gencar melakukan sosialisasi dan edukasi selama tahun 2017. Tahun 2017 lalu jumlah edukasi ada sekitar 150 kegiatan,eningkat dibandingkan tahun 2016 yang hanya 90 kegiatan.

"Ternyata upaya kuat ini terbukti menghasilkan investor baru di Lampung,"paparnya.

Dijelaskannya untuk total transaksi pada 2017 sebesar Rp2 triliun. Namun masih didominasi oleh masyarakat menengah keatas. Sedangkan masyarakat desa untuk  2017 belum  terlalu dominan.

Banyaknya kegiatan, selainenjaring para investor baru, BEI yang didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan berkomitmen untuk memerangi investasi bodong yang kian marak dan menyasar masyarakat desa.

"Dengan kehadiran kami, masyarakat bisa lebih mengetahui mana yang legal dan tidak, sehingga tidak terjebak oleh investasi bodong yang sangat merugikan,"imbuhnya.

Nantinya, masyarakat desa juga akan mendapatkan manfaatnya. Seperti meningkatkan pendapatan sembari bercocok tanam. Beberapa sekuritas yang beroprasi di Lampung juga akan mendampingi para investor.

"Secara berkala kami akan turun dan.memantau perkembangannya. Kami bekerja sama dengan kepala daerah hingga perangkat desa untuk melakukan sosialisasi dan penerapan pasar modal,"imbuhnya.

BEI juga gencar melakukan sosialisasi kepada mahasiswa. Terbukti, beberapa waktu lalu, BEI meresmikan galeri Investasi Syariah di IBI Darmajaya dan UIN Radin Intan Bandar Lampung.

Galeri Investasi Syariah merupakan wahana untuk mengedukasi para civitas akademika untuk mengenal semua hak tentang pasar modal.

"Disana akan ada kelas untuk belajar pasar modal  ambil data, memantau transaksi pasar  modal secara langsung,  laporan keuangan  dan kegiatan BEI.  Sekaligus bisa membuka rekening untuk menjadi investor, "paparnya.

Sumber : Lampung Post

0 komentar:

Post a Comment