Sunday, September 3, 2017

Bulog Bersama Pemprov Percepat Penyaluran RastraBer


Perum Bulog Divre Lampung terus melakukan koordinasi dengan Tim Koordinasi Rastra baik yang ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Untuk mendukung percepatan penyaluran Rasrta sesuai himbauan Presiden agar tidak ada lagi keterlambatan dalam penyaluran Rastra. Menjelang Hari Raya Idul Adha,  Pemerintah Provinsi Lampung juga telah menerbitkan surat guna melakukan  percepatan penyaluran Rastra, dan 14 Kabupaten/ Kota pun telah menerbitkan SPA hingga alokasi bulan Desember 2017.

Kepala Bidang Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Divre Lampung Joko Tri Septanto mengatakan   capaian realisasi penyaluran Rastra di wilayah Lampung sebesar 60.400.875 kg atau 60.62% dari alokasi satu tahun (99.632.160 kg), artinya masih ada sisa 39.231.285 kg yang menjadi hak KPM untuk segera di tebus.

Di Tingkat Nasional Provinsi Lampung menduduki peringkat 10 untuk persentase penyaluran Rastra sampai nulan Agustus 2017.

 "Upaya percepatan rastra tersebut diharapkan agar Provinsi Lampung dapat naik keperingkat lima di tingkat nasional. Percepatan penyaluran rastra dilaksanakan sesuai dengan surat percepatan penyaluran rastra dari Gubernur Lampung/Tikor rasgfa  Provinsi Lampung dan Surat Permintaan Alokasi dari Kabupaten/Kota maka KPM dapat segera menebus beras sehingga ketersediaan beras di masyarakat terjaga, ”ujarnya seperti yang dilansir Lampung Post beberapa waktu lalu.

Upaya percepatan penyaluran RASTRA di Provinsi Lampung guna memastikan ketersediaan, keterjangkauan dan stabilitas harga beras di masyarakat sehinggaakan menekan angka kemiskinan dan menekan laju inflasi khususnya komoditas beras yang ada di Provinsi Lampung.

Dengan segera melakukan  penebusan rastra maka biaya hidup masyarakat miskin sangat terbantu mengingat mereka hanya cukup mengeluarkan Rp1.600 per kilogram beras.

"Saat menerima beras yang kurang baik agar segera di sampaikan kepada kami dan akan langsung kami ganti dalam kurun waktu kurang dari 2x24 jam,"tegas Joko.

Di tahun 2017, penyaluran RASTRA di Provinsi Lampung dilakukan di 14 Kabupaten/Kota.  Alokasi per bulan penyaluran RASTRA di Provinsi Lampung sebesar 8.302.680 kg untuk 553.512 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sehngga alokasi setahun sebesar 99.632.160 kg.

Presiden Jokowi sadar betul efek positif penyaluran RASTRA untuk mengurangi kemiskinan di Indonesia. Menurut data BPS RI, sumbangan kemiskinan dari komiditi beras merupakan tertinggi. Dengan konsumsi beras perkapita sebesar 98 kg/kapita/tahun, beras memberian dilbesar dalam angka kemiskinan, tercatat pengaruh beras atas kemiskinan sebesar 18,31% di perkotaan dan 25,35% di pedesaan. Melihat pentingnya pendistribusian RASTRA untuk memastikan ketersediaan, keterjangkauan dan stabilitas harga, Presiden memerintahkan agar penyaluran RASTRA dipercepat dan tidak ada lagi keterlambatan penyaluran RASTRA.
Sejalan dengan keinginan Presiden Jokowi.

0 komentar:

Post a Comment