Friday, August 25, 2017

Haduh, Sayang Banget Ya, Lampung Festival Krakatau Nggak Dongkrak Tamu Hotel


Agenda rutin yang digelar Pemerintah Provinsi Lampung yaitu Festival Krakatau ternyata masih belum menjadi daya tarik wisatawan asing maupun lokal untuk berkunjung ke Lampung. (Baca juga disini)

Hal itu dapat dilihat dari tidak adanya lonjakan tamu hotel.  Padahal berbagai hotel yang berdiri di Lampung berharap even besar yang telah digelar berulang kali bisa mendongkrak kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun domestik.

General Manager Batiqa Hotel Adhi Prasetyo mengatakan,  even tersebut tidak memiliki pengaruh yang signifikan apalagi terhadap bisnis.

Semestinya, lanjut dia, pihak penyelenggara dalam hal ini Pemerintah Provinsi Lampung  dapat melakukan advertising atau pengenalan Festival Krakatau secara masif melalui sosial media dan blogger/ influencer sejak beberapa bulan lalu sebelum pelaksanaan even. 

"Yang kami rasakan, Festival Krakatau ini selalu terkesan mendadak dan publikasi yang dilakukan kurang optimal,"kata dia kepada Lampung Post,  Jumat (25/8/2017).

Lebih lanjut Adhi menjelaskan,  upaya lain yang bisa dilakukan pemerintah yaitu membuat baliho besar di area Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, guna memberitahukan masyaraka secara luas tentang gelaran Festival Krakatau. 

"Di hotel pun, kami tidak dapat membuat paket dengan maksimal. Karena nggak ada tamu dari acara Festival Krakatau,"imbuhnya. 

Senada dengan General Manager Yunna Hotel Bambang Suhendri. Ia mengungkapkan bahwa selama ini even tersebut belum memiliki dampak yang signifikan khususnya industri perhotelan.

"Sekarang saja di hotel sepi, tidak ada reservasi dari tamu yang ingin menghadiri Festival Krakatau,"ungkapnya. 

Ia menyarankan,  seluruh kabupaten dan kota di seluruh Lampung ikut ambil bagian untuk mensuksesan even tahunan tersebut. Rundown acara dirubah total sesuai keinginan pasar.

Dijelaskannya, even tersebut sebenarnya sudah memiliki nama,  namun pengemasannya harus lebih matang.

"Rangkaian even Festival Krakatau bisa menampilkan acara budaya, pasar wisata, pameran produksi UMKM Lampung, dan tour ke berbagai destinasi wisata,"paparnya. 

"Pemprov Lampung juga bisa melakukan kerjasama dengan Pemprov Banten bahkan mengundang tamu-tamu dari luar negeri melalui Airline/Garuda, kedutaan negara sahabat dan mengundang Pemprov dan Pemda seluruh Indonesia,"lanjutnya.

GM Swiss-Belhotel Lampung Fauzi Firdaus pun merasakan hal yang sama,  seharusnya promosi even tersebut bisa dioptimalkan untuk menyedot animo masyarakat Indonesia.  

"Promosinya kurang digaungkan, saya  tidak tahu promosinya sudah dimulai sejak kapan,  dan dipromosikan kemana saja. Namun,  yang pasti kita tidak
 boleh menyerah, harus melakukan pembenahan dengan melibatkan berbagai pihak untuk mensukseskan even Festival Krakatau dimasa mendatang,"tuturnya.


sumber: https://goo.gl/sNp65N www.lampost.co

0 komentar:

Post a Comment