Friday, August 18, 2017

BI KPW Lampung Bawa Tapis di Ajang KKI 2017

Kepala BI KPW Lampung Arief Hartawan gunakan tapis Lampung di ajang KKI 2017


JAKARTA (Lampost.co) -- Bank Indonesia Kantor Perwakilan Lampung berkomitmen meningkatkan kemajuan perekonomian  di Lampung. Dalam even Karya Kreatif Indonesia (KKI)  2017 yang dihelat pada Jumat-Minggu, 18-20 Agustus 2017 di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center, Jakarta, BI Lampung membawa beberapa produk asli Lampung.  Produk tersebut, di antaranya tapis dari Kecamatan Negeri Katon,  Pesawaran, produk olahan ikan teri dari Pulau Pasaran,  Bandar Lampung, dan beberapa produk UMKM binaan BI Lampung lainnya. (berita ekonomi bisnis)
Kepala BI KPW Lampung Arief Hartawan mengatakan penyelenggaran pameran tersebut merupakan salah satu wujud nyata Bank Indonesia dalam rangka mendukung pengembangan UMKM kreatif sekaligus memperkenalkan produk kerajinan yang dapat mengangkat citra budaya daerah, mendukung penyerapan tenaga kerja serta mendorong pariwisata.
"Pameran KKI merupakan salah satu pasar dari hasil binaan BI. Sehingga diharapkan akan semakin banyak pihak yang mengenal dan menambah nilai jual dari komoditas itu sendiri," kata dia kepada Lampung Post,  Jumat (18/8/2017).
Saat ini,  BI Lampung telah membina UMKM di beberapa kabupaten,  untuk kerajinan baru tahun ini dilakukan di Pesawaran,  ternak sapi di Tanjung Sari, Lampung Selatan,  kambing saburai di Tanggamus,  dan bawang merah di Lampung Tengah.
"Binaan BI dilakukan sesuai dengan potensi masing-masing daerah, terutama komoditas yang mempengaruhi inflasi. Hal tersebut merupakan salah satu upaya BI untuk menciptakan aktivitas ekonomi baru," ujarnya.
Perkembangan Program Pengembangan UMKM Unggulan semakin terlihat efeknya. Untuk peternak kambing sejak tahun pertama telah bertambah kelompoknya mulai dari delapan menjadi 13 kelompok  di tahun 2017 dengan jumlah 261 peternak.
Sapi terdapat penambahan jumlah kelompok dan perluasan wilayah hingga Tanjungbintang.
"Ketika kami masuk untuk mendampingi,  belum ada lembaga keuangan seperti koperasi,  maka tugas BI meningkatkan kapasitas sumber daya manusia sehingga maupun mengelola keuangan dan manajemen usahanya dengan baik," paparnya.

0 komentar:

Post a Comment